Persiapan Visitasi Akreditasi Prodi Tahun 2012

Kamis, 5 Juli 2012 di Grha Wyata Praja telah dilaksanakan rapat persiapan visitasi akreditasi prodi yang dibuka oleh Pembantu Rektor 1, Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si, yang didampingi oleh Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan, Drs. Sampara Lukman, MA, dan Kepala Unit Penjaminan Mutu, Dr. Ir. Ika Sartika, MT.
Dalam pengarahannya Pembantu Rektor 1 menekankan bahwa program studi Manajemen Pemerintahan (S1) harus mendapatkan nilai A, terkait dengan rencana IPDN untuk membuka program S3. Bukan berarti program studi lain tidak ditargetkan untuk meraih nilai maksimal. Untuk itu, perlu persiapan matang dan melibatkan seluruh civitas academica IPDN untuk menyambut asesor dengan baik dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan ketika asesor melakukan visitasi di IPDN.

Sementara itu, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan menekankan rencana penyambutan tim asesor serta mempersiapkan kebutuhan ruangan untuk ruang dosen, perpustakaan, ruang prodi, termasuk ruang untuk pertemuan dengan tim asesor. Ditekankan juga tentang penyiapan dosen dan praja yang akan dihadirkan ketika visitasi untuk diwawancara oleh tim asesor.

Selanjutnya Kepala UPM memaparkan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk visitasi dari aspek substansi, seperti pemaparan ketua prodi terkait dengan pelaksanaan standar 1 sampai standar 7 di masing-masing prodi. Dalam pemaparan disinggung juga tentang rambu-rambu wawancara dengan pimpinan program studi, dosen, serta praja. Disebutkan juga tentang jadwal kunjungan tim asesor selama tiga hari sesuai pedoman visitasi dari BAN PT.

Rapat diakhiri dengan diskusi tentang berbagai hal terkait persiapan visitasi, terutama berbagi pengalaman ketika visitasi institusi dan MAPD yang belum lama berlangsung. Keterlibatan bagian serta unit lain dalam kegiatan visitasi juga diharapkan maksimal supaya hasilnya tidak mengecewakan. Akhirnya kita berharap visitasi dapat berlangsung dengan baik dan lancar, serta hasil akreditasi yang terbaik sesuai harapan semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *