Focus Group Discussion

Tema Pembahasan Visi Misi Bidang akademik

 

Bertempat diaula Grha Wiyata Praja IPDN, dilakukan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema pembahasan visi dan misi bidang akademik. Acara diawali dengan laporan singkat oleh kepala UPM Dr. Ika Sartika, MT selaku ketua penyelenggara kegiatan. Dalam laporan disampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk media sharring informasi untuk kemudian menemukan rekomendasi yang tepat. Acara resmi dibuka oleh rektor IPDN, Bapak Prof.Dr.Drs. I Nyoman Sumaryadi, MSi. Dalam sambutannya beliau menegaskan tentang bagaimana pentingnya visi dan misi bagi organisasi termasuk beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam rangka penyusunan visi dan misi, beberapa pertanyaan kritis pun disampaikan beliau sebagai pelecut semangat untuk berdiskusi memikirkan IPDN.

Pada sesi pemaparan materi, narasumber pertama yang menyampaikan adalah Prof. Dr.Ir. Ichsan Setya Putra, ketua satuan penjaminan mutu ITB. Acara yang dipandu oleh petrus polyando sebagai moderator ini, difokuskan kepada bagaimana merumuskan visi dan misi yang baik bagi suatu organisasi. Selanjutnya pada sesi tanya jawab diskusi pun menjadi lebih menarik, dimana para peserta pun antusias memberikan pertanyaan untuk di diskusikan terkait penyusunan visi misi dalam lingkup unit yang diembannya masing-masing. Selesai pemaparan dari narasumber pertama, dilanjutkan dengan makan siang bersama untuk selanjutnya diteruskan pada narasumber kedua.

Pemaparan narasumber kedua oleh Prof.Dr. Sadu Wasistiono, MS dengan topik sistem penjaminan mutu berbasis KKNI. Paparan singkat yang disampaikan beliau seakan menjadi pengantar untuk diskusi. Dalam arahannya beliau lebih mengajak kepada para peserta yang hadir untuk lebih memikirkan bagaimana menyusun renstra yang tepat terkait dengan kompetensi pendidikan di IPDN.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *