Sosialisasi Akreditasi Prodi MSDM

(Jatinangor, 07 September 2011) Dalam rangka sosialisai Akreditasi Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, maka Unit Penjaminan Mutu telah menyelenggarakan rapat persiapan Akreditasi Prodi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang dilaksanakan pada hari Selasa  tanggal 6 September 2011 bertempat di aula MAPD Jatinangor. Rapat tersebut dibuka oleh Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS selaku Wakil Rektor sekaligus sebagai pembicara utama didampingi oleh Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan Drs. Sampara Lukman, MA , Dekan Fakultas Politik Pemerintahan Ir. Dedy Riandono, MM serta Kepala Unit Penjaminan Mutu Dr. Ika Sartika, MT.  Selain itu rapat persiapan  akreditasi Prodi ini juga dihadiri oleh  unsur pimpinan baik dari Pejabat Struktural, Pejabat struktural Akademik dan Pejabat Fungsional Dosen  sebanyak 70 orang.

Dalam pemaparannya Prof.Dr. Sadu Wasistiono, MS  mengutarakan akan pentingnya akreditasi  bagi lembaga pendidikan karena hal ini merupakan hidup matinya suatu perguruan tinggi. Beliau juga menambahkan pada dasarnya akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Apalagi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Kementerian Pendidikan Nasional sedang menyusun Kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau dikenal dengan Indonesian Qualification Framework (IQF). KKNI adalah kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional, disusun berdasarkan suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap hasil pendidikan.
Ada dua hal yang harus segera diselesaikan oleh lembaga IPDN berkaitan dengan akreditasi yaitu :
1.    Akreditasi Institusi
2.    Akreditasi prodi Manajemen Sumber Daya Manusia

Berkaitan dengan hal tersebut maka diharapkan dukungan dari semua pihak  agar dapat bekerja serius dan berpacu  dengan waktu, walau kecil kemungkinan mendapatkan akreditasi dengan kriteria A sangat kecil  karena untuk mendapatkan kriteria A IPDN  harus banyak kerjasama dengan Perguruan Tinggi  luar negeri dan dituntut  banyaknya tulisan dosen yang diangkat dalam jurnal yang sudah terakreditasi.


Butir-butir kesimpulan hasil sosialisasi diantaranya adalah;

  1. Segera dibuat surat untuk kemendiknas guna mengaktifkan kembali akreditasi yang sempat vacum;
  2. Siapkan anggaran untuk perpustakaan pada tahun mendatang karena kualitas perguruan tinggi ditentukan oleh kualitas perpustakaan (ruang perpustakaan diperluas    dan dibangun perpustakaan fakultas)
  3. Perlu penyusunan kurikulum baru di luar akreditasi
  4. Penyusunan Renstra Fakultas harus diprioritaskan
  5. Standar baku IPDN (adanya IPDN press)

Sosialisasi ditutup oleh Wakil Rektor pada pukul 12.00 WIB yang dilanjutkan dengan ramah tamah.

2 thoughts on “Sosialisasi Akreditasi Prodi MSDM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *