PENYUSUNAN SOP PENGAJARAN

(Jatinangor, 6 Juli 2011) . Penyusunan SOP di lingkungan fakultas yang telah dimulai sejak bulan Mei telah bergulir sampai ke tahap verifikasi. Apabila di tahap awal hanya melibatkan staf pelaksana, maka pada tahap verifikasi sudah melibatkan pejabat sebagai penanggungjawab kegiatan dan berada di level middle management. Apabila di tahap awal terjadi adu argumentasi mengenai langkah dan tahap kerja yang biasa dilakukan, maka pada tahap verifikasi terjadi perdebatan hangat mengenai dasar hukum dan penyimpangnan yang biasa dilakukan sebelum penyusunan SOP dilaksanakan.
Kegiatan verifikasi dihadiri oleh seluruh komisioner UPM dan pejabat fakultas dari mulai sekretaris jurusan, ketua jurusan, kepala bagian TU dari Fakultas Manajemen Pemerintahan maupun Fakultas Politik Pemerintahan. Walaupun input ataupun usulan SOP diserahkan oleh staf fakultas dan kemudian dilakukan revisi maupu perapihan secara administrative maupun substantive oleh komisioner UPM, namun tetap saja proses verifikasi  mengalami perdebatan yang cukup alot sebelum tim menyetujui secara aklamasi masing-masing SOP yang disusun.

Acara dimulai pukul 9 pagi dan menjelang makan siang, pukul 12 siang, diskusi masih berkutat pada flow chart ke-3 mengenai SOP Ujian Komprehensif. Lambatnya pembahasan SOP diakibatkan karena atensi dari pejabat fakultas yang melakukan kajian secara detail  tahap-tahap kegiatan dari SOP. Baik Komisioner UPM maupun Pejabat Fakultas mempunyai kesamaan persepsi bahwa SOP akan menjadi dasar pelaksanaan kegiatan yang semakin mempermudah dan memberikan standar pasti dalam pelaksanaan kegiatan maupun pelayanan yang diberikan kepada Praja dan Dosen sebagai pengguna layanan fakultas.

Semoga kegiatan verifikasi ini dapat menghasilkan SOP yang disepakati bersama dan dijadikan sebagai tuntutan kerja fakultas di masa mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *