Workshop Penyusunan Standard Operational Procedure (SOP) di IPDN Kampus Sumatera Barat

(Bukit Tinggi, 7 Maret 2012) Road show UPM kali ini tiba di IPDN Kampus Sumbar yang berlokasi di Bukit tinggi. Agak berbeda dengan road show sebelumnya, kali ini lebih ditekankan pada workshop Penyusunan SOP. Penyajian acara dibalik, hari pertama fokus pada penyusunan SOP dan hari kedua menjelang penutupan akan disinggung tentang penyiapan UPM di kampus daerah serta SPMI IPDN.

Acara dibuka oleh Pembantu Direktur 1 Drs. Tjahjo Suprajogo, M.Si yang didampingi oleh Pembantu Direktur 3 Drs. Rotzami, M.Si. Workshop Penyusunan SOP ini dihadiri oleh para kasubag dan staf di IPDN Kampus Sumbar, dengan narasumber dan fasilitator dari UPM IPDN. Diawali dengan pemaparan singkat tentang konsep SOP yang dilanjutkan dengan diskusi. Selanjutnya kerja kelompok tiap sub bagian untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang akan dibuat SOPnya. Setelah makan siang langsung praktek menyusun SOP yang dilakukan oleh semua peserta.

Rencananya besok sebelum penutupan dapat dihasilkan beberapa SOP sebagai output workshop ini. Mudah-mudahan acara dapat berlangsung dengan lancar dan bermanfaat untuk penertiban administrasi di IPDN Kampus Sumbar khususnya, dan di IPDN secara keseluruhan pada umumnya. Workshop ini merupakan awal yang baik dalam rangka melaksanakan penjaminan mutu pendidikan di IPDN.

Standard Operational Procedure (SOP) di IPDN Kampus Sumatera Barat sekaligus penutupan oleh Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, Dr. Drs. H. Ismail Nurdin, M.Si. Acara lebih fokus pada presentasi dan pembahasan terhadap SOP yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok. Sebelum penutupan, Kepala UPM IPDN menyampaikan pentingnya penjaminan mutu dilaksanakan di setiap kampus daerah melalui organisasi formal di bawah direktur, apa pun bentuknya. Bisa berbentuk Gugus Kendali Mutu (GKM) atau Unit Penjaminan Mutu IPDN Kampus Sumatera Barat dengan fungsi mengawal terlaksananya penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di IPDN Kampus Sumatera Barat. Organisasi penjaminan mutu di kampus daerah sebaiknya berisi direktur dan para pembantu disrektur, serta dosen yang mampunyai sertifikat auditor. Hal ini bisa dilaksanakan secara bertahap.

Untuk menegaskan pentingnya penjaminan mutu di perguruan tinggi, selanjutnya diekspos tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IPDN yang dilaksanakan di bawah koordinasi UPM IPDN. SPMI merupakan amanat Dirjen Dikti yang wajib dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia tanpa terkecuali. SPMI di IPDN walau relatif baru tetapi sudah menghasilkan beberapa dokumen mutu seperti dipersyaratkan oleh Dirjen Dikti, yaitu Kebijakan Mutu IPDN Tahun 2011-2014 dan SOP untuk jar lat suh dan satuan atau unit kerja lainnya di IPDN.

Dalam sambutan penutupannya, Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat menyambut baik terhadap pentingnya penjaminan mutu di kampus daerah, dan IPDN Kampus Sumatera Barat akan segera membentuk organisasi penjaminan mutu melalui surat keputusan direktur. Tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih kepada UPM IPDN yang telah merespons undangan IPDN Kampus Sumatera Barat untuk menjadi nara sumber dan fasilitator pada workshop tersebut. Ucapan terima kasih dan rasa bangga juga disampaikan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti workshop dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi.

Secara keseluruhan workshop selama dua hari ini berjalan dengan tertib dan lancar sesuai harapan semua pihak. Peserta dengan cepat dapat menangkap esensi dari SOP dan mampu menerapkannya dengan baik sesuai tupoksinya. Hal ini terlihat dari SOP yang dipresentasikan sebagian besar sudah mendekati sempurna. Tetapi semua ini baru awal dari penyusunan SOP, masih perlu diinventarisasi SOP-SOP yang akan disusun sesuai tupoksi masing-masing. Dan yang tak kalah pentingnya adalah komitmen bersama ketika SOP yang sudah berhasil disusun akan diimplementasikan. Mudah-mudahan semua itu dapat berjalan tanpa kendala yang berarti. Maju terus untuk meningkatkan kinerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *