Arsip Kategori: Tak Berkategori

Semiloka Kebijakan Untuk Perguruan Tinggi Kedinasan

 

22 Agustus 2016,Jatinangor

cropped-IMG20160822100953.jpg

Pada Hari Senin Tanggal 22 Agustus 2016 Lembaga Penjaminan Mutu Internal IPDN Jatinangor mengadakan acara Semiloka dalam rangka persiapan kegiatan re-akreditasi Institusi dengan Narasumber Kepala BAN-PT, Bapak Prof. Dr. H. Mansyur Ramly dan moderator oleh Dr. Yudi Rusfiana, S.IP, M.Si.
Semiloka dibuka oleh Rektor IPDN Jatinangor Prof. Dr. Ermaya Suradinata, MH, MS dan dihadiri kurang lebih 75 peserta dari IPDN Jatinangor dan Pejabat IPDN Kampus Daerah melalui Video Conference. Lanjutkan membaca Semiloka Kebijakan Untuk Perguruan Tinggi Kedinasan

International Conference Of Decentralization 2012

(Jatinangor, 21 November 2012) IPDN menyelenggarakan Kegiatan seminar international : “International Conference Of Decentralization 2012” dengan tema “How Far Decentralization Goes” menghadirkan 32 orang pembicara bertempat di Ruang Grha Wyata Praja pada hari Rabu tanggal 21 November 2012. Seminar ini diikuti oleh seluruh civitas akademika IPDN dan undangan lainnya.
Seminar ini dibuka oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Bapak Prof. Djohermansyah Djohan didampingi Rektor dan Wakil Rektor IPDN, sedangkan pembicara seminar ini adalah : Lanjutkan membaca International Conference Of Decentralization 2012

Rapat Persiapan Akreditasi di IPDN

(Senin, 26 Maret 2012) Bertempat di aula MAPD IPDN Jatinangor, dilakukan rapat persiapan akreditasi Prodi IPDN. Acara dilaksanakan sesuai agenda yang tertera dalam undangan rapat. Hadir dalam acara tersebut semua ketua prodi, sekretaris prodi, para kepala bagian tata usaha fakultas dan kepala sub bagian di lingkungan fakultas MP dan PP. Rapat yang sedianya dipimpin oleh Pembantu Rektor I, namun karena beliau berhalangan maka dipimpin oleh Kepala UPM, Dr. Ika Sartika, MT. Lanjutkan membaca Rapat Persiapan Akreditasi di IPDN

RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN AKREDITASI PRODI

KEGIATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI DI IPDN

(RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN AKREDITASI PRODI)

Salah satu upaya untuk menjamin mutu pendidikan adalah dengan melakukan akreditasi misalnya akreditasi suatu program studi (prodi) di suatu perguruan tinggi. Akreditasi prodi adalah penilaian terhadap program studi secara holistik untuk mendapatkan gambaran mengenai komitmen prodi dalam manajemen dan program akademik. IPDN sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi telah melakukan akreditasi prodi pada tahun 2009. Namun, hasilnya masih belum memuaskan. Oleh karena itu, pada tahun anggaran 2011 diadakan kegiatan persiapan akreditasi prodi untuk tahun 2012.

Kegiatan akreditasi prodi dimulai dengan pembentukan Tim Akreditasi Pendidikan-Program Studi di IPDN melalui SK Rektor IPDN Nomor 420-421 Tahun 2011 tentang Pembentukan Tim Akrediotasi Pendidikan-Program Studi di IPDN Tahun 2011. Secara umum Tim ini mempunyai tugas dan wewenang dalam persiapan pelaksanaan akreditasi, melakukan inventarisasi dan identifikasi kelengkapan persyaratan akreditasi, melakukan fasilitasi terkait penyiapan persyaratan akreditasi prodi, dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Rangkaian kegiatan akreditasi prodi dimulai dengan pelaksanaan kegiatan rapat persiapan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Mei 2011 yang bertempat di Aula MAPD IPDN. Dalam rapat yang dihadiri oleh para pejabat eselon 2 dan 3 serta para Kepala Unit ini dibahas mengenai inventarisasi kelengkapan akreditasi prodi di IPDN serta diskusi dan pembagian tugas.

Beberapa catatan dari kegiatan ini di antaranya yaitu bahwa:

  1. Tahapan kegiatan harus segera ditentukan.
  2. SPMI harus segera dilaksanakan karena jika tidak dilaksanakan maka akan ada kendala dalam pembentukan prodi baru.
  3. Harus ada konsep serta bahan yang baik dalam pengisiab borang
  4. Sarana dan prasarana pendidikan harus dilengkapi.

Rapat persiapan ini akan ditindaklanjuti dengan kegiatan selanjutnya yaitu In House Training Pengisian Borang.

PELATIHAN PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENGAJARAN DI LINGKUNGAN IPDN

Pada tanggal 16 dan 23 Maret 2011, Unit Penjaminan Mutu IPDN menyelenggarakan pelatihan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengajaran di lingkungan IPDN. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam pembuatan SOP guna mendukung kelancaran operasional pekerjaan. SOP yang telah disusun akan dijadikan acuan kerja.
Dalam kegiatan ini, ada empat materi pokok yang disampaikan yaitu:
1.Standar Penjaminan Mutu Bidang Pengajaran
2.Kebijakan Mutu IPDN Tahun 2010 s.d. 2014
3.Cara-cara membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)
4.Konsep SOP Pengajaran
Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah para pegawai yang ditunjuk dari setiap bagian/unit kerja di IPDN. Salah satu narasumber yang memberikan materi yaitu Drs. Josef Hidayat Setiawan, MM.
Mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam penyusunan SOP Pengajaran yang akan diterapkan di IPDN, maka ke depannya akan diselenggarakan kegiatan-kegiatan lain sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan ini.